Rekrutmen Bersama BUMN Resmi Dibuka, Erick Siap Sikat yang Curang

Rekrutmen Bersama BUMN Resmi Dibuka
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal

WaraBerita.com – Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 resmi dibuka. Lewat program ini, Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka kesempatan kerja kepada masyarakat dengan menyediakan lebih dari 2.000 lebih lowongan. Lowongan pekerjaan BUMN yang tersedia menjangkau lintas entitas (BUMN, anak perusahaan BUMN, dan cucu perusahaan BUMN), jenjang pendidikan yang semakin beragam (SMA/SMK/sederajat sampai dengan S2), serta status pekerjaan baik organik/PKWTT maupun kontrak/PKWT.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, dalam Rekrutmen Bersama BUMN bukan hanya induk/holding BUMN yang bergabung, melainkan juga anak perusahaan, cucu perusahaan dan perusahaan afiliasi BUMN.

“Dengan melibatkan seluruh BUMN group, kita dapat membuka kesempatan bekerja bagi lebih dari 2.000 putra-putri Indonesia pada lebih dari 120 perusahaan di bawah BUMN group”, ujar Erick dalam keterangannya, Kamis (11/5/2023).

Erick menjelaskan, selain memperluas cakupan kepesertaan, peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) atas kualitas program Rekrutmen Bersama BUMN juga terus dilakukan. Langkah yang dilakukan antara lain, peningkatan kehandalan sistem, evaluasi proses bisnis/tahapan Rekrutmen Bersama BUMN, dengan informasi yang lebih detail dan clear sehingga yang memudahkan peserta, serta aspek transparansi dan akuntabilitas yang semakin baik. Sebagai contoh, setelah mengikuti setiap tahapan tes, peserta dapat melihat nilai tes yang bersangkutan secara real time.

Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, mengatakan, pihaknya siap mengawal proses rekrutmen secara transparan.

“Kami berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan mengawal seluruh proses rekrutmen yang akan dijalankan dengan profesionalisme, transparansi, dan tetap menjunjung core values AKHLAK, antara lain dengan meningkatkan dan menyempurnakan proses serta kehandalan pada sistem rekrutmen kami”, ujar Alexandra.

Alexandra menyampaikan, para peserta dapat mengeksplorasi pilihan lowongan yang tersedia di berbagai bidang industri dan mengikuti seluruh rangkaian Rekrutmen Bersama BUMN 2023 tanpa dipungut biaya apapun. Untuk itu, FHCI mengimbau kepada para peserta agar selalu waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kementerian BUMN, FHCI dan BUMN group.

Kementerian BUMN dan FHCI juga tidak akan segan untuk menindaklanjuti segala bentuk praktik kecurangan yang dilakukan peserta maupun pihak lainnya. Apabila peserta terbukti melakukan pelanggaran atau praktek kecurangan, maka dapat dipastikan peserta tersebut gugur dan tidak dapat mengikuti rekrutmen pada BUMN group dan akan masuk daftar blacklist untuk ke depannya.

Apabila peserta menemukan kendala selama proses seleksi, harap menghubungi Helpdesk RBB 2023 pada email rekrutbersama@fhcibumn.id, Telegram BumnFHCI_bot, atau WhatsApp pada nomor 08118954320. Untuk pendaftaran dapat mengakses link https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Dibukanya Rekrutmen Bersama BUMN 2023 awalnya diumumkan FHCI melalui instagramnya. FHCI menyampaikan 2.000 lebih lowongan pekerjaan disediakan untuk para pencari kerja.

“Yuuk daftarkan dirimu! terbuka lebih dari 2000+ lowongan pekerjaan dan diikuti oleh lebih dari 120+ Perusahaan BUMN Group untuk jenjang SMA/Sederajat, D3, S1/D4, dan S2,” demikian bunyi pengumuman FHCI.

Adapun periode pendaftaran berlangsung dari 11 hingga 20 Mei 2023. Pendaftaran dilakukan melalui situs resmi di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

Kemudian, ketentuan dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023 antara lain semua peserta wajib membuat akun baru, termasuk yang sudah mendaftar sebelumnya. Lalu, pilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan jenjang pendidikan dan program studi.

Peserta hanya dapat memilih satu perusahaan dan satu lowongan pekerjaan. Kemudian, terdapat batas maksimal (kuota) pelamar pada setiap lowongan pekerjaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *