Bankir Rusia Ramal Kiamat Dolar AS Makin Dekat, Ini Sebabnya

Bankir Rusia Ramal Kiamat Dolar AS Makin Dekat
Foto: Ilustrasi dolar Amerika Serikat (USD)

WaraBerita.com – Salah seorang bankir asal Rusia menyebut akhir dari dominasi dolar AS Amerika Serikat (AS) atau US$ sudah semakin dekat, hal ini tak terlepas dari naiknya Yuan China. Seluruh dunia telah melihat bahaya dari upaya Barat yang gagal membuat Rusia bertekuk lutut atas Ukraina.

Melansir dari Reuters, CEO VTB yang dikendalikan negara sekaligus bank terbesar kedua Rusia, Andrei Kostin mengatakan krisis telah membawa perubahan besar pada perekonomian dunia, merongrong globalisasi, sama seperti halnya China yang telah berhasil mengambil jubah kekuatan ekonomi global teratas.

Kostin mengatakan bahwa sekarang adalah “perang panas” yang lebih berbahaya daripada Perang Dingin.

Amerika Serikat dan Uni Eropa, katanya, akan kehilangan langkah untuk membekukan ratusan miliar dolar aset kedaulatan Rusia karena banyak negara bergerak untuk menyelesaikan pembayaran di luar mata uang AS dan euro, sementara China bergerak menuju penghapusan mata uang.

Bacaan Lainnya

“Era sejarah panjang dominasi dolar Amerika akan segera berakhir. Saya pikir waktunya telah tiba ketika China secara bertahap akan menghapus pembatasan mata uang,” kata Kostin kepada Reuters, seperti dikutip, Minggu (11/6/2023).

“China memahami bahwa mereka tidak akan menjadi kekuatan ekonomi dunia Nomor 1 jika mereka mempertahankan yuan mereka sebagai mata uang yang tidak dapat dikonversi,” imbuhnya.

Kostin mengatakan, China telah menyadari bahwa akan menjadi berbahaya untuk menyimpan cadangan yang diinvestasikan dalam obligasi pemerintah AS.

Dolar AS telah dominan sejak awal abad ke-20 ketika mengambil alih poundsterling sebagai mata uang cadangan global, meskipun JPMorgan mengatakan bulan ini tanda-tanda de-dolarisasi sedang berlangsung dalam ekonomi global.

Sementara itu, kenaikan ekonomi China yang spektakuler selama 40 tahun terakhir, dampak dari perang di Ukraina dan perselisihan atas plafon utang AS telah menempatkan status dolar di bawah pengawasan baru.

Lebih lanjut Kostin mengatakan, VTB saat ini tengah mendiskusikan penggunaan yuan dalam penyelesaian dengan negara ketiga.

Perang Panas

Seorang mantan diplomat yang bertugas di Australia dan Inggris yang terjun ke perbankan tepat setelah Uni Soviet runtuh, Kostin adalah salah satu bankir paling kuat dan berpengalaman di Moskow, setelah sebelumnya menjabat sebagai kepala Vneshekombank, yang sekarang dikenal sebagai VEB.

Setelah Presiden Vladimir Putin mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari tahun lalu, Barat mengungkapkan apa yang dikatakannya sebagai sanksi terberat yang pernah diberlakukan dalam upaya untuk melemahkan ekonomi Rusia dan menghukum Putin atas perang tersebut.

Kostin dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat pada tahun 2018 atas apa yang disebutnya aktivitas memfitnah Rusia di seluruh dunia. Setelah perang, dia mendapat sanksi dari Uni Eropa dan Inggris yang menyebutnya sebagai “rekan dekat Putin”.

Dia mengatakan sanksi itu tidak adil dan keputusan politik yang akan “menjadi bumerang” bagi Barat, menyindir bahwa dia telah membaca artikel menarik tentang pencucian uang narkoba melalui bank-bank besar Barat.

“Kami telah memasuki perang panas,” kata Kostin tentang krisis dengan Ukraina. “Tidak dingin ketika ada begitu banyak senjata Barat dan banyak dinas Barat serta penasihat militer yang terlibat. Situasinya lebih buruk daripada di Perang Dingin, ini sangat sulit dan mengkhawatirkan.”

Kostin mengatakan VTB akan memperoleh keuntungan sebesar 400 miliar rubel (US$4,9 miliar) pada tahun 2023 setelah lima bulan pertama tahun ini dan rekor kerugian tahun lalu.

Perekonomian Rusia, katanya, tidak akan dihancurkan oleh Barat. Dana Moneter Internasional pada bulan April menaikkan perkiraan PDB Rusia 2023 menjadi pertumbuhan 0,7% dari 0,3%, tetapi menurunkan perkiraan 2024 menjadi 1,3% dari 2,1%.

“Sanksi itu buruk, dan kami menderita karenanya. Tapi ekonomi telah beradaptasi,” katanya.

“Pada saat yang sama, kami berharap sanksi akan diintensifkan, diperketat, beberapa jendela akan ditutup, tetapi kami juga akan menemukan peluang lain.”

Ditanya apakah ekonomi Rusia akan tetap menjadi ekonomi bebas, Kostin berkata: “Saya sangat berharap demikian.”

Sebagai informasi, US$1 sama dengan 82.000 rubel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *